Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Suhardi Patawari (3): Mempromosikan Pariwisaya Sulsel, Bina Sopir Angkutan Pariwisata, dan Terpilih Pimpin GIPI Sulsel


Pedoman Karya 2:13 AM 0

KETUA GIPI SULSEL. Dari kiri atas searah jarum jam, Suhardi Patawari salam komando dengan Ketum DPP GIPI, Didien Junaedy, rumah adat Toraja, bus pariwisata, dan Pantai Bira Bulukumba.







---------- 

PEDOMAN KARYA

Kamis, 26 Agustus 2021

 

 

Suhardi Patawari (3): Mempromosikan Pariwisaya Sulsel, Bina Sopir Angkutan Pariwisata, dan Terpilih Pimpin GIPI Sulsel

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)

 

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Suhardi Patawari dan kawan-kawan anggota Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Sulawesi Selatan (ASITA dan HPI) pada tahun 2018, yaitu melakukan promosi wisata ke travel-travel agent di Pulau Jawa, Malaysia, dan Singapura.

“Kami berangkat dengan biaya sendiri-sendiri,” kata Suhardi.

Ia juga pernah diundang langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Jakarta untuk presentasi tentang Wisata Kuliner dan Belanja Sulawesi Selatan di Hotel Santika Jakarta.

Sebagai bagian dari upaya promosi wisata Sulawesi Selatan, Suhardi juga memprakarsai penyebaran buku-buku dengan menggunakan Bus Pariwisata ke rumah baca yang dibina oleh DPC HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kabupaten Barru, dan memberikan bantuan penyelesaian lantai rumah baca tersebut.

“Saya juga pernah menjadi Tim Juri dalam Lomba Memandu Wisatawan dan Kompetisi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) se-Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Suhardi.

Masih dalam kaitannya dengan Pokdarwis, Suhardi juga menginisiasi terbentuknya Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Lantebung, Kota Makassar, dengan menghadirkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Dinas Pariwisata Kota Makassar, dan Bank Indonesia.

“Kami memediasi dengan Bank Indonesia untuk mendapatkan bantuan fasilitas di Lantebung dan sudah mendapatkan bantuan tersebut melalui Pokdarwis yang sudah terbentuk,” papar Suhardi.

 

Lebarkan Sayap HPI

 

Saat menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulawesi Selatan, Suhardi melebarkan sayap HPI dengan membentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPI di beberapa kabupaten dan kota se-Sulsel.

DPC HPI yang dibentuk yaitu DPC HPI Kabupaten Maros, DPC HPI Kabupaten Bantaeng, DPC HPI Kabupaten Kepuluan Selayar, DPC HPI Kota Makassar, DPC HPI Kota Parepare, dan DPC HPI Kota Palopo.

“Kami juga melakukan penertiban pramuwisata, dan melakukan berbagai kegiatan peningkatan kualitas SDM pramuwisata,” kata Suhardi.

Pada tahun 2017, Suhardi dan kawan-kawan mendirikan Asosiasi Jasa Angkutan Wisata (ASJATA) untuk membina sopir dan pengusaha angkutan wisata dalam memberikan pelayanan prima bagi wisatawan, dan juga melalui perusahaan yang ia miliki.

 

Terpilih Ketua GIPI Sulsel

 

Pada tahun 2018, Suhardi terpilih memimpin organisasi Dewan Pengurus Daerah Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sulsel periode 2018-2023.

Suhardi bersama pengurus lainnya dilantik langsung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GIPI, Didien Junaedy, di Hotel Almadera, Jl Somba Opu, Makassar, Jumat, 23 November 2018.

“Saya tidak menyangka akan dipilih sebagai Ketua GIPI Sulsel, tapi sebagai orang Bugis Makassar, saya selalu siap,” kata Suhardi saat memberikan sambutan perdana sebagai Ketua GIPI Sulsel.

Sebagai Ketua GIPI Sulsel, dia mengaku akan membantu Pemerintah Provinsi Sulsel untuk mendatangkan turis mancanegara sebanyak-banyaknya ke Sulawesi Selatan.

“Tugas kita, bagaimana turis mancanegara berkunjung ke sini (Sulsel). Dulu, jalanan belum bagus, fasilitas masih kurang, tapi turis mancanegara cukup banyak yang berkunjung ke Sulsel, tapi sekarang jalanan bagus dan banyak fasilitas, tapi turis mancanegaranya mana?” tanya Suhardi.

Menurut dia, orang yang terjun ke bisnis atau industri pariwisata sebaiknya orang yang memang mencintai dan jiwanya ada di dunia pariwisata.

“Banyak orang berbisnis pariwisata, tapi jiwanya tidak di situ,” kata Suhardi. (bersambung)


------

Artikel terkait:

Suhardi Patawari (4-habis): Menjadi Asesor Pariwisata dan Aktif Melakukan Promosi Desa Wisata di Sulsel

Suhardi Patawari (2): Mengajar, Memimpin HPI Sulsel, dan Melakukan Kampanye Sadar Wisata

Suhardi Patawari (1): Dari Pramuwisata Biasa Hingga Terima Satyalancana Kepariwisataan dari Presiden RI

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply