Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » » » » » Alfred Bernhard Nobel (4-habis): Mewariskan Seluruh Kekayaannya untuk Penghargaan Nobel


Pedoman Karya 12:33 PM 0

PENGHARGAAN NOBEL. Dari kiri ke kanan searah jarum jam: Harvey Alter, Charles Rice, dan Michael Houghton (Peraih Nobel Kedokteran Tahun 2020), Nelson Mandela (Peraih Nobel Perdamaian Tahun 1993), Logo Nobel, Bunda Teresa (Peraih Nobel Perdamaian Tahun 1979), dan Mikhail Gorbachev (Peraih Nobel Perdamaian Tahun 1990).




------ 

PEDOMAN KARYA

Rabu, 22 Desember 2021

 

 

Alfred Bernhard Nobel (4-habis): Mewariskan Seluruh Kekayaannya untuk Penghargaan Nobel

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan)

 

Kematian dan Hadiah Nobel

 

Alfred meninggal di San Remo, Italia pada 10 Desember 1896. Dalam surat wasiat dan testamen terakhirnya, ia menulis bahwa banyak dari kekayaannya bisa dipakai memberi hadiah kepada yang telah melakukana komite, usaha kemanusiaan di bidang fisika, kimia, sastra, perdamaian, fisiologi, dan obat-obatan.

Kekayaan yang melimpah dan tidak adanya keturunan membuat dia bingung hendak diberikan kepada siapa harta yang dimilikinya.

Pada 27 November 1895, Alfred yang menghasilkan 355 paten selama hidupnya, menuliskan wasiatnya di hadapan Swedish-Norwegian Club di Paris.

Tak semua orang menyukai hal ini. Surat wasiatnya ditentang sanaknya dan dipersoalkan pihak berwenang di sejumlah negara, dan memakan empat tahun bagi pengawasnya meyakinkan semua pihak untuk memenuhi harapan Alfred.

Pada tahun 1901, hadiah pertama Nobel dalam fisika, kimia, sastra, fisiologi dan obat-obatan dibagikan di Stockholm, Swedia, dan Hadiah Nobel Perdamaian di Kristiania (sekarang Oslo), Norwegia.

 

Penghargaan Nobel

 

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.

Penghargaan Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia.

Melalui surat wasiatnya, Alfred Nobel menginginkan agar Penghargaan Nobel diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap kemanusiaan.

Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang literatur, fisika, kimia dan obat-obatan pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada tahun 1901.

Sejak tahun 1902, penghargaan ini secara formal dianugrahkan oleh Raja Swedia. Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing, namun kemudian dia mengubah sikapnya, setelah menyadari nilai publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal Alfred Nobel wafat. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.

 

Kategori Penghargaan

 

Penghargaan dianugrahkan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam beberapa bidang. Bidang Fisika ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, bidang Kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, bidang Fisiologi atau Kedokteran ditentukan oleh the Karolinska Institute.

Bidang Sastra ditentukan oleh the Swedish Academy, sedangkan bidang Perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting.

Setelah Nobel meninggal ternyata dia belum meminta badan penentuan apakah mereka bersedia menjalani tugasnya; mereka memutuskan untuk melakukannya setelah begitu banyak keraguan.

Dalam 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah “Penghargaan dalam Sains Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel.”

Bidang Ekonomi ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences. Oleh karena penghargaan ini tidak berdasarkan keinginan Nobel, dan tidak dibayar dengan uangnya, secara teknis ini bukan Penghargaan Nobel (dan keluarga Nobel sekarang juga tidak menerimanya, tetapi penghargaan ini diberikan bersamaan dengan penghargaan Nobel).

Pada tahun1968, ditetapkan keputusan untuk tidak menambah penghargaan lainnya “untuk mengenang Nobel.”

Pada bulan Februari 1995, penghargaan ekonomi dinamai penghargaan ilmu sosial, membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik, psikologi, dan sosiologi. Komite penghargaan ekonomi ini juga memasukkan dua (2) orang non-ekonom, di mana sebelumnya terdiri dari lima (5) orang ekonom.

 

.........

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Alfred_Nobel

http://www.biografiku.com/2009/02/biografi-alfred-bernhard-nobel-1833.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Penghargaan_Nobel

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply