Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Unismuh Makassar Akan Aktifkan Kembali BEM Universitas


Pedoman Karya 10:51 PM 0

BEM UNIVERSITAS. Pertemuan antara para Wakil Dekan III bersama pengurus BEM Fakultas se-Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, pertengahan Desember 2022, menyepakati akan mengaktifkan kembali Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tingkat Universitas.
 




-----

Jumat, 16 Desember 2022

 

 

Unismuh Makassar Akan Aktifkan Kembali BEM Universitas

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Pertemuan antara para Wakil Dekan III bersama pengurus BEM Fakultas se-Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, pertengahan Desember 2022, menyepakati akan mengaktifkan kembali Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tingkat Universitas.

Wakil Rektor IV Unismuh yang juga Pelaksana Harian Wakil Rektor III, Drs KH Mawardi Pewangi MPdI, mengatakan, pembentukan BEM Universitas telah tercantum dalam Statuta Unismuh Makassar.

“BEM Universitas ini dibentuk berdasarkan kebutuhan dan statuta, bahwa lembaga kemahasiswaan itu terdiri dari BEM tingkat Universitas, BEM Fakultas, Komisariat, HMJ, dan UKM,” ungkap Mawardi saat ditemui di Gedung Iqra Lantai 16, Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 15 Desember 2022.

Dalam rapat bersama lembaga kemahasiswaan, katanya, telah disepakati pembentukan Caretaker BEM Unismuh.

“Ini sudah dibicarakan antara BEM tingkat fakultas juga bersama dengan Wakil Dekan III setiap fakultas. Sudah terbentuk pengurus-pengurus caretaker dan saat ini hanya menunggu SK dari Rektor,” ungkap Mawardi.

Ketua Tim Caretaker BEM Unismuh, Nasruddin, mengatakan, BEM Universitas dibutuhkan agar ada yang memandu gerakan mahasiswa kampus, baik secara intelektual maupun gerakan aksi diluar.

“Alasan yang pertama terkait trias politika, juga tidak lengkapnya organisasi universitas dan hal itu menandakan tidak sempurnya suatu organisasi di dalam kampus. Minimal terdapat satu skala universitas yang dapat memandu agar gerakan di Unismuh jelas,” kata Nasruddin, yang juga merupakan Ketua BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh.

Usulan pembentukan BEM Universitas, katanya, merupakan hasil rembukan ketua-ketua BEM fakultas untuk kemajuan Unismuh Makassar.

“Sebelum ada caretaker BEM, kami di BEM fakultas sudah merembukkan bagaimana kemudian konsep yang akan kita bangun. Saya rasa insya Allah tidak ada keributan dalam pembentukan BEM itu sendiri, karena tujuh BEM fakultas sudah bersepakat untuk mendirikan BEM Universitas,” ucap Nasruddin.

Ia juga berharap agar pembentukan BEM Universitas ini menyadarkan mahasiswa untuk mengaktifkan diri dalam berorganisasi.

“Pembentukan BEM Universitas merupakan spirit baru kelembagaan di Unismuh Makassar. Kita melihat mahasiswa acuh tak acuh berlembaga. Semoga dengan adanya BEM-U ini dapat menyadarkan mahasiswa bahwa pentingnya berorganisasi, juga semua elemen dapat bergabung untuk menjaga nama baik universitas ke depan,” tutur Nasruddin.

Tim Carataker, tambahnya, bertugas menyiapkan segala sesuatu yang terkait pendirian BEM Universitas, termasuk mekanisme pemilihan pengurus nantinya. (her)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply