Pelayanan KB MKJP, Penanaman Pohon, dan Ayo Kembali Bersekolah di Takalar


POHON KELOR. Ketua TP PKK Kabupaten Takalar, Irma Andriani (tengah) didampingi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Takalar, Muhsin (paling kanan), melakukan penanaman pohon kelor, di Pulau Satangnga, Desa Mattiro Baji, Kabupaten Takalar, Rabu, 18 Desember 2019. (ist)


---------
Jumat, 20 Desember 2019


Pelayanan KB MKJP, Penanaman Pohon, dan Ayo Kembali Bersekolah di Takalar


-          Dicanangkan di Tanakeke, Mappakasunggu, dan Sanrobone


TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Takalar, Dr Hj Irma Andriani, mencanangkan Pelayanan Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) di Kabupaten Takalar, Rabu, 18 Desember 2019.

Pelayanan KB MKJP dalam rangka Bakti PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes) itu dirangkaikan dengan peringatan Hari Ibu Tingkat Kabupaten Takalar dan dilangsungkan pada tiga kecamatan di Takalar, yakni Kecamatan Pulau Tanakeke, Kecamatan Mappakasunggu, dan Kecamatan Sanrobone.

Pencanangan Pelayanan KB MKJP yang dirangkaikan penanaman pohon di Kecamatan Pulau Tanakeke, dilakukan di Pulau Satangnga, Desa Mattiro Baji.

Ratusan warga menyambut kedatangan Ketua TP PKK Takalar Irma Andriani yang didampingi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Takalar, Muhsin SSos, Camat Pulau Tanakeke Bustang Tika, tim dari Dinas Kesehatan, serta sejumlah pejabat dan anggota TP PKK Takalar.

Camat Pulau Tanakeke, Bustang Tika, mengatakan, kedatangan Tim Penggerak PKK yang dipimpin langsung Ibu Irma Andriani selaku ketua dan sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Takalar, merupakan kehormatan sekaligus harapan warga di Pulau Tanakeke.

“Di pulau ini terdapat lima desa, dan warga menyambut dengan bahagia kedatangan ibu PKK bersama rombongan. Selain yang hadir disini, banyak sekali warga dari desa lain yang juga ingin ikut hadir di tempat ini, tetapi karena kondisi air yang kadang surut dan pasang menjadi kendala untuk bergabung di sini,” tutur Bustang.

Ketua TP PKK Takalar, Irma Andriani, mengatakan, pencanangan KB Kesehatan dilaksanakan karena dibutuhkan peran multi-sektor dan bukan hanya tugas dari Dinas Kesehatan.

“Kenapa disebut KB Kes? Karena untuk menunjukkan kepada kita semua bahwa untuk mewujudkan kesehatan dibutuhkan kerja multi sektor, bukan hanya dari dinas kesehatan. ‎Kita mau mencanangkan keluarga berencana multi-sektor, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas KB, dengan melibatkan masing-masing kader kesehatan,” kata Irma.

Penanaman Pohon

Irma Andriani yang juga Ketua Tim Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Takalar mengemukakan bahwa ada dua hal penting yang dititipkan oleh Bupati Takalar kepada warga Pulau Tanakeke, yakni penanaman pohon harus terus intens dilakukan dan  menggalakkan gerakan “Ayo Kembali Bersekolah” untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Takalar.

“Penanaman pohon kita harapkan dapat menjadikan Pulau Tanakeke sebagai paru-paru dunia. Kemudian bapak bupati berpesan agar kita kembali menggalakkan gerakan Ayo Kembali Bersekolah untuk meningkatkan IPM kita yang masih rendah saat ini. Bagi yang putus sekolah bisa ikut Paket A, Paket B, dan Paket C, termasuk penerima PKH hingga ke aparat desa,” papar Irma.

Ke depan Kecamatan Pulau Tanakeke diharapkan bisa semakin maju dan berkembang sebagai sebuah kecamatan baru yang merupakan kecamatan ke-10 dan kecamatan termuda di Kabupaten Takalar saat ini.

“Harapan kita dengan menjadi kecamatan, Pulau Tanakeke ini pembangunannya semakin maju dan semakin berkembang, termasuk akses dan transportasi menuju pulau semakin mudah. Kita berharap Kecamatan Pulau Tanakeke ini menjadi sama majunya dengan pembangunan di kecamatan lainnya,” kata Irma.

Pencanangan disertai dengan dialog oleh Ketua TP PKK dengan warga setempat dan dilanjutkan dengan kunjungan ke sejumlah rumah warga. (Hasdar Sikki)

-----------
Baca juga:

Baru akan Diundang, Isteri Bupati Takalar Sudah Datang

Peringati Hari Lingkungan Hidup, TP PKK Takalar Bersihkan Sungai dan Pantai

TK-PAUD Panrita Takalar Undang BKKBN Beri Penyuluhan Kepada Masyarakat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama