iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Babinsa Kodim Sidrap Turun ke Sawah Bantu Petani


Pedoman Karya 5:45 AM 0


BANTU PETANI. Babinsa Koramil 1420-02 yang merupakan bagian dari wilayah teritorial Kodim 1420/Sidrap, turun langsung ke sawah bersama petani melakukan penyemprotan hama padi, penyiapan bibit, serta penanaman padi secara manual.






-------

Jumat, 04 Januari 2019


Babinsa Kodim Sidrap Turun ke Sawah Bantu Petani


SIDRAP, (PEDOMAN KARYA). Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan orang pertama dari barisan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang langsung turun ke tempat kejadian di tengah masyarakat, misalnya saat terjadi bencana banjir, gempa bumi, penyelundupan, transaksi gelap, atau kedatangan kapal asing di perairan Indonesia yang bisa mengancam keamanan.

Babinsa tinggal di tengah-tengah warga dan harus dekat dengan seluruh warga. Bila ada orang asing di wilayahnya, ia dapat segera mengenalinya atau warga dapat segera melaporkannya kepada Babinsa.

Sama sekali tidak ada tugas atau kewajiban bagi Babinsa untuk turun ke sawah membantu petani, tetapi Babinsa Koramil 1420-02 yang merupakan bagian dari wilayah teritorial Kodim 1420/Sidrap, turun langsung ke sawah bersama petani melakukan penyemprotan hama padi, penyiapan bibit, serta penanaman padi secara manual.

Itu dilakukan di Desa Polewali dan Desa Baula, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Rabu, 03 Januari 2019. Para Babinsa melakukan hal itu untuk kembali menggalakkan Upaya Khusus (Upsus) mendampingi petani dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Sidrap.

Pendampingan yang dilakukan para Babinsa jajaran Kodim 1420/Sidrap kepada petani tersebut, bertujuan memberikan semangat serta membantu meringankan pekerjaan warga dalam mendukung program pemerintah di bidang swasembada pangan di wilayah binaan masing-masing.

Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Jamot Parluhutan, mengatakan, apa yang dilakukan para Babinsa jajaran Kodim 1420 Sidrap, merupakan salah satu tugas Satuan Komando Kewilayahaan dalam mendukung program pemerintah melalui swasembada pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Sidrap.

“Pendampingan Upsus para Babinsa kepada petani ini akan dilaksanakan secara terus menerus, mulai dari penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, pemberantasan hama, hingga siap panen akan terus dilaksanakan pendampingan sehingga program swasembada pangan di awal tahun 2019, khususnya di Wilayah Kabupaten Sidrap, akan tercapai,” kata Jamot. (Imam Ismail)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply