Unibos Makassar Buka Prodi Bahasa Mandarin


BAHASA MANDARIN. Rektor Unibos Prof Saleh Pallu (keempat dari kiri) dan Kepala LLDikti IX Sulawesi, Prof Jasruddin (keempat dari kanan) bersama-sama memegang SK Izin Operasional Prodi Bahasa Mandarin Unibos Makassar, di Kantor LLDikti Wilayah IX, Selasa, 05 November 2019. (ist)
 



---------
Rabu, 06 November 2019


Unibos Makassar Buka Prodi Bahasa Mandarin


-          Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia Timur yang Buka Prodi Bahasa Mandarin
-          Prof Jasruddin: Bahasa Mandarin Penting Dipelajari
           

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Bosowa (Unibos) memperoleh izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk membuka Program Studi Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, yang berada. di bawah naungan Fakultas Sastra dan rencananya memulai penerimaan mahasiswa baru periode 2020.

Surat Keputusan (SK) izin operasional pembukaan Prodi Bahasa Mandarin untuk Unibos Makassar diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin,  kepada Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, di Kantor LLDikti Wilayah IX, Selasa, 05 November 2019.

Penyerahan SK dengan nomor 746/KPT/I/2019 ini disaksikan para Wakil Rektor Unibos, Ketua Program Studi Bahasa Mandarin Unibos, Sekretaris Pelaksana LLDikti IX Sulawesi, dan Kepala Bagian LLDikti Wilayah IX.

Kepala LLDikti IX Sulawesi, Jasruddin, mengatakan, Unibos Makassar merupakan perguruan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia yang memperoleh izin operasional.

Dia berharap pembukaan Prodi Bahasa Mandarin dapat menjadi motivasi dan mendorong perguruan tinggi lainnya untuk menciptakan generasi yang dapat berbasis speaking oriented untuk bahasa dunia yang satu ini.

“Belajar bahasa seperti Bahasa Inggris memang sudah dimulai sejak di bangku sekolah dasar hingga di bangku kuliah, tetapi masih tetap saja ada lulusan yang belum mampu lancar menggunakan Bahasa Inggris. Ini akan sama jadinya apa bila Bahasa Mandarin tidak diorientasikan dengan speaking skill, sehingga saya berharap Unibos menjadi pendongkrak perkembangan Bahasa Mandarin di perguruan tinggi, khususnya di lingkup LLDikti Wilayah IX, apalagi Unibos ini kampus swasta pertama yang memiliki Prodi Bahasa Mandarin di timur Indonesia,” tutur Jasruddin.

Bahasa Mandarin, kata mantan Direktur Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), sudah menjadi bahasa dunia dan penting untuk dipelajari.

“Siapa sangka jika kelak memungkinkan Bahasa Mandarin menjadi bahasa utama apabila China telah bertumbuh menjadi negara yang kuat dan negara yang memegang perdagangan utama dunia, sehingga saya ingin mahasiswa yang  mengambil Prodi Bahasa Mandarin di Unibos kelak setelah dua semester sudah bisa lancar berbahasa Mandarin. Dan nanti di tahun ketiga, mahasiswa Unibos dapat menjadi mentor bagi perguruan tinggi lainnya yang akan membuka Prodi Bahasa Mandarin,” kata Jasruddin.

Rektor Unibos Prof Saleh Pallu mengatakan, Bahasa Mandarin dirintis sejak awal tahun 2019, dan salah satu pendukung pengembangan skill mahasiswa yaitu Unibos telah membentuk China Corner bekerjasama Anhui University China.

“Ke depan jika perkuliahan telah jalan dengan baik, kita juga akan berikan kursus khusus bagi seluruh civitas akademika Unibos untuk belajar Bahasa Mandarin,” kata Saleh Pallu. (ima)

------------
Baca juga:

Lulusan Unibos Harus Kuasai IT dan Bahasa Internasional 

Unibos Makassar Buka Program S3 Perencanaan Wilayah dan Kota 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama