Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Haerul si Pembuat Pesawat dari Pinrang Diundang Gubernur Sulsel dan KSAU


Pedoman Karya 1:54 AM 0


PEMBUAT PESAWAT. Haerul (paling kiri) memenuhi undangan silaturrahim Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Hotel Claro, Makassar, Jumat, 17 Januari 2020. Haerul datang dengan diantar langsung Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid dan sejumlah anggota rombongan lainnya. (ist)







-------

Ahad, 19 Januari 2020


Haerul si Pembuat Pesawat dari Pinrang Diundang Gubernur Sulsel dan KSAU


-         Gubernur Sulsel Berikan Bantuan Mesin
-         KSAU Undang Haerul ke Jakarta
-         Surya Paloh Juga akan Berikan Penghargaan


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Haerul, pemuda dari Pinrang yang berhasil membuat dan menerbangkan pesawat terbang mini, mendapat undangan langsung dari Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Haerul pun memenuhi undangan Gubernur Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Jumat, 17 Januari 2020. Haerul datang dengan diantar langsung Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid dan sejumlah anggota rombongan lainnya.

Pada Ahad pagi, 19 Januari 2020, Haerul terbang ke Jakarta dengan menumpang Hercules dan tiba di Jakarta pada Ahad siang, untuk memenuhi undangan KSAU di Jakarta, Senin, 2020 Januari 2020.

Selain undangan dari Gubernur Sulsel dan KSAU, Haerul juga akan menerima penghargaan dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, yang direncanakan pada tanggal 25 Januari 2020 di Makassar.

Saat bertemu Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Haerul langsung mendapat bantuan berupa pengadaan mesin yang berkekuatan tinggi, tempat pembuatan, bahkan fasilitas sekolah untuk peningkatan kapasitas pribadi dari Haerul.

“Mesin seperti apa yang dibutuhkan?” tanya Nurdin Abdullah.

“Mesin merek Yamaha yang 1000cc Pak,” jawab Haerul.

“Oke, kita akan belikan mesin, satu cukup ya, yang 1000cc ya,” kata Nurdin.

Tentang bantuan untuk disekolahkan, Nurdin Abdullah mengatakan jika Haerul mau maka dirinya selaku Gubernur Sulsel akan memfasilitasi.

“Kalau mau, kita akan sekolahkan juga nanti ya, karena ini tidak bisa dikira-kira harus ada kepastian, karena ini di udara,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Enam Kali Percobaan

Nama Haerul mendadak terkenal semenjak ia merakit pesawat terbang sendiri dan berhasil menerbangkannya di tepi Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Rabu, 15 Januari 2020.

Haerul membuat pesawat terbang tersebut dengan menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja 150 cc bekas yang dibelinya seharga Rp15 juta. Roda pesawat itu ia ambil dari gerobak, sementara lapisan sayapnya dari parasut bekas. Ia menghabiskan total Rp23 juta, termasuk untuk komponen-komponen selain mesin.

Pesawat terbang mini tersebut ia rakit selama beberapa bulan, namun pesawat yang menggunakan bensin tersebut tidak langsung bisa terbang. Lima kali percobaan pertama, ia gagal menerbangkannya.

Barulah pada percobaan keenam pesawat tersebut bisa terbang dan memutar sebanyak dua kali di pinggi pantai yang disaksikan puluhan warga.

Sejumlah warga yang menyaksikan aksi tersebut pun beramai-ramai mengabadikannya dengan foto atau pun video dan mengunggahnya di media sosial Facabook (FB) dan WhatsApp (WA), sehingga menjadi viral dimana-mana.

Haerul yang konon hanya bersekolah hingga Kelas 3 SD, mengaku ide awal merakit pesawat tersebut berasal dari tontonan di media sosial dan video di kanal Youtube. (met)

-----
Berita terkait Pinrang:

Pinrang Punya Perpustakaan Mini Berbasis Ruang Terbuka 

Bupati Pinrang Ingin Dirikan Sekolah Tinggi Pertanian 

Pinrang Punya 20 Sekolah Model 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply