iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Unhas Makassar Miliki 293 Profesor Aktif


Pedoman Karya 2:13 AM 0


GURU BESAR. Sepanjang tahun 2019, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menambah 26 profesor atau guru besar baru. Penambahan guru besar ini menjadikan jumlah guru besar aktif Unhas sebanyak 293 orang. Jumlah ini setara 18.23 persen dari jumlah dosen aktif Unhas. 




----------

Senin, 06 Januari 2020


Unhas Makassar Miliki 293 Profesor Aktif


-          Tahun 2019 Cetak 26 Profesor Baru
-          Dosen Berkualifikasi Doktor Sebanyak 1.030 Orang
-          Juga Miliki 41 Dosen Tetap Non-PNS ber-NIDN


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sepanjang tahun 2019, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menambah 26 profesor atau guru besar baru. Penambahan guru besar ini menjadikan jumlah guru besar aktif Unhas sebanyak 293 orang. Jumlah ini setara 18.23 persen dari jumlah dosen aktif Unhas.

“Tahun 2018, kita hanya memiliki tambahan lima guru besar baru. Tahun ini (2019) bertambah 26 guru besar baru. Artinya terjadi kenaikan 520 persen,” kata Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah PhD, dalam Catatan Akhir Tahun 2019, yang dibagikan kepada wartawan, Ahad, 05 Januari 2020.

Dia mengatakan, dosen Unhas yang menyelesaikan pendidikan doktor pada tahun 2019 yaitu sebanyak 41 orang.

“Ini menjadikan jumlah dosen Unhas yang berpendidikan S3 mencapai 1.030 atau 64,9 persen dari total jumlah dosen Unhas, sedangkan 134 dosen lainnya sedang dalam proses menyelesaikan studi,” kata Suharman.

Selain Dosen Tetap PNS, Unhas juga memiliki dosen Tetap NonPNS yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) sebanyak 41 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 persen di antaranya bergelar doktor.

“Dosen Tetap Non PNS memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan Dosen Tetap PNS, baik untuk keterlibatan dalam tri dharma perguruan tinggi, maupun kesempatan pengembangan karir fungsional dan struktural,” jelasnya.

Unhas pada tahun 2019, juga memulai mengangkat dosen asing. Saat ini terdapat 29 dosen asing yang tersebar pada fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Ilmu Budaya, serta Fakultas Peternakan.

“Sebanyak 38 orang dosen Unhas saat diperbantukan di luar Unhas, dengan status Dosen Perbantuan / Dipekerjakan pada Lembaga, Kementerian dan Lembaga Negara Non Kementerian. Mekanisme perbantuan ini adalah wujud tanggungjawab pada kepentingan masyarakat dan bangsa, dalam rangka peran sosial Unhas sebagai “hub” pendidikan tinggi Indonesia,” tutur Suharman.

FEB dan FKG Cetak 5 Guru Besar

Dari 26 guru besar atau profesor baru pada tahun 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB0 dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) masing-masing mencetak lima guru besar, Fakultas MIPA dan Fakultas Peternakan masing-masing mencetak tiga guru besar.

Sementara Fakultas Hukum (FH), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Pertanian, masing-masing mencetak dua guru besar, sedangkan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) masing-masing mencetak satu guru besar. (kia)

---------
Baca juga:

Scopus Sudah Muat 1.391 Artikel Ilmiah Dosen Unhas 

Unhas dan DRB-HICOM University of Automotive Malaysia Jajaki Kerjasama 

Capaian Unhas Makassar Belum Optimal 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply