iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Balasan Allah untuk Orang-orang Taqwa (5)


Asnawin Aminuddin 2:24 AM 0


Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta. Sebagai pembalasan dari Tuhan-mu dan pemberian yang cukup banyak. (An-Naba’/78 : 31-36). (int)





----
PEDOMAN KARYA
Selasa, 02 Juni 2019

Suluh Ramadhan 1440 H - Jalan Menuju Taqwa (30-habis):


Balasan Allah untuk Orang-orang Taqwa (5)




Oleh: Abdul Rakhim Nanda
(Wakil Sekretaris Muhammadiyah Sulsel / Wakil Rektor I Unismuh Makassar)


Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta. Sebagai pembalasan dari Tuhan-mu dan pemberian yang cukup banyak. (An-Naba’/78 : 31-36)

Allah SWT menunjuk “hadiah” kemenangan bagi orang bertaqwa dalam ayat-ayat ini antara lain: kebun-kebun dan buah anggur, gadis-gadis remaja yang masih sangat muda (kawa’ib, artinya tanda-tanda “keperempuanan” baru tumbuh) dan sebaya, serta gelas-gelas yang berisi minuman.


----
Artikel terkait:

Balasan Allah untuk Orang-orang Taqwa (4)

----

Selain fasilitas tersebut, penghuninya juga dirahmati oleh Allah SWT lalu manjadi manusia-manusia yang berperangai halus, hati mereka tidak sedikitpun mengandung penyakit seperti iri, dengki, ataupun dendam.

Ucapan dan perkataan mereka terpelihara: “Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta” (QS an-Naba’/78 : 35).

Betapa damai rasanya dalam kondisi jiwa yang tidak pernah disuguhi dengan perkataan tak berguna (lagwan) dan perkataan dusta.

Di tempat lain dalam Al-qur’an, firman Allah SWT juga memberikan gambaran yang setara tentang kenikmatan surga bagi orang yang bertaqwa, seperti: “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam naungan (yang teduh) dan (di sekitar) mata-mata air. Dan (mendapat) buah-buahan dari (macam-macam) yang mereka ingini (QS al-Mursalat /77 : 41-42).

Dalam suasana lain, seperti: “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai, (QS al-Qamar/54: 54), yang pada intinya adalah tidak ada balasan bagi orang-orang bertaqwa di sisi Allah selain “surga yang penuh kenikmatan.”

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhan-nya.” (QS   /68: 34)

Balasan Allah SWT yang diulas di sini --dalam Suluh Ramadhan tahun 1440 H ini, khususnya edisi 26 hingga edisi 30-- adalah balasan Allah melalui jalur taqwa secara umum.

Jika seorang hamba berupaya untuk menyelami Al-qur’an lebih dalam lagi, maka akan bertemu jalan-jalan lain menuju kenikmatan surga-Nya Allah ini, di antara jalan-jalan itu ada jalan singkat (short-cut) yang dikenal dengan taubat yang murni (taubatan nasuhah), --semoga suatu saat dapat kita selami lebih dalam--.

Beruntunglah orang-orang yang diberi kesempatan oleh Allah SWT menjalani Ramadhan dengan iman dan penuh perhitungan. Semoga kita menjadi orang-orang bertaqwa dan mendapatkan janji Allah SWT dengan balasan surga yang penuh kenikmatan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply